Senin, 04 Juli 2011

Manfaat Bawang Putih ( garlic )

Sejak ditemukannya potensi bawang putih sebagai antibakteri oleh Louis Pasteur pada tahun 1858 bahan ini kemudian sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan adanya unsur allicin yang dikandung bawang putih yang akan keluar apabila dikunyah, digigit atau diiris. Senyawa kimia penghasil rasa pedas dan bau yang tajam ini menjadi bahan dasar utama obat-obatan antibakteri. Di India dan Cina pengobatan dengan bawang putih telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Berikut adalah beberapa khasiat bawang putih :

1. Pengobatan luka dan infeksi
    Saat perang dunia I, para ahli bedah sudah memanfaatkan bawang putih sebagai antiseptik untuk mengobati luka. Selain itu bawang putih bisa juga membantu tubuh mengatasi infeksi. Mengonsumsi suplemen bawang putih juga bisa mengurangi resiko timbulnya demam hingga separuhnya. Demam masih mungkin timbul namun penyembuhannya akan lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi bawang putih.

2 Mencegah dan mengobati kanker perut
   Hasil penelitian lain menemukan khasiat bawang putih dalam mencegah dan mengobati kanker perut. Allicin yang terkandung pada setiap butir bawang putih dapat mencegah perluasan kanker pada dinding perut.

3. Pencegah Stroke
    Hasil penelitian Journal of the Royal College of Physicians pada tahun 1993 menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih selama 4 minggu mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 12 %, bahkan bisa mencegah penggumpalan darah. Pengobatan menggunakan tablet bawang putih membuat tekanan darah pasien berkurang antara 1-5 % sehingga mencegah timbulnya stroke hingga 30-40 % dan mengurangi penyakit hati hingga 20 - 25 %.

Untuk itu mulailah dengan sebutir kecil bawang putih setiap harinya untuk menjaga kesehatan.

0 comments:

Posting Komentar