Minggu, 02 Agustus 2009

Cara menambah widget header pada template blogspot

cewek lembutSaatnya belajar SEO lagi kawan, karena tutorial membuat template harus ditunda dulu menunggu seri tutorial CSS tamat sebagai dasar meneruskan membuat template lebih dalam lagi. Sekalian memberitahukan bahwa saya mungkin telah salah memberi tips bagaimana melakukan custom domain blogspot yang aman. Menurut guru ngaji saya mengakui kesalahan adalah wujud kebesaran jiwa, ya, meskipun jiwa saya tidak besar ada baiknya saya katakan kebenaran dan tidak menutupi kesalahan yang telah saya lakukan. Tidak salah-salah amat, tapi mungkin tidak efisien karena ternyata blogspot akan meredirect link yang sudah di-custom domain. Jadi tidak perlu saya jelaskan bagaimana teknik melakukan cara yang sudah saya sarankan sebelumnya.

Kembali membahas masalah SEO, bagaiamana melakukan optimasi SEO yang lembut tapi perkasa? Kenapa perlu melakukannya? Kalau tidak bagaimana?

OK kita bahas satu-persatu dari pertanyaan-pertanyaan diatas.

Optimasi SEO yang lembut adalah optimasi SEO yang tidak kentara seperti banyak dilakukan orang dan blogger selama ini. Kalau anda selama ini sering melihat bahwa dalam melakukan optimasi dan menembak keywords banyak yang menggunakan atribut tag bold, miring, garis bawah, tercoret, warna berbeda dll. Apa salahnya? tidak ada salahnya dan itu juga efektif kok, hanya saja terus terang mata sepet ngeliatnya. Apalagi kalau isi postingan keywords-nya banyak banget, aduuuh pengen kabur aja rasanya dari halaman itu.

Kenapa perlu melakukan optimasi SEO yang lembut? Karena yang membaca artikel anda itu nantinya manusia jadi kalau manusia sudah sepet ngeliatnya maka meski dia dibawa keblog anda oleh search engine, tetap saja akhirnya kabur kalau tahu jelek banget penataan tulisannya.

Kalau tidak dilakukan bagaimana? Ya gak apa-apa, tapi ya itu tadi pengunjung bisa terganggu kalau berlebihan menembak keyword dengan atribut kayak perempuan malam (menor).

Lalu bagaimana melakukan optimasi SEO yang lembut? Baiklah saya akan bocorkan rahasia ini. Kita tahu bahwa menulis di blog harus dibedakan dengan menulis di dunia nyata kalau ingin baik di SERP. Kita harus memberi keseimbangan dua jenis pengunjung, yang pertama adalah pengunjung manusia dan yang kedua adalah robot mesin pencari. Susahnya kedua jenis pengunjung diatas memiliki karakter selera berbeda dalam membaca postingan. Tapi keduanya berhubungan, karena robot mesin pencari berguna untuk menarik pengunjung manusia pada akhirnya. Untuk menyiasati masalah ini kita perlu menerapkan jurus ketiga dari rangkaian jurus SEO cewek muda. Nah caranya adalah dengan tetap menggunakan tag-tag penanda keywords, tapi tampilannya dipaksa lain dengan style sheet. Dengan begini, robot (sering dipanggil crawler atau spider) mesin pencari tetap mengenal keyword yang diunggulkan tapi manusia tidak terganggu dengan terlalu banyaknya atribut (paling tidak manusia tidak melihat efek tag tadi).

Ada yang bingung? OK anda perlu belajar CSS dulu jika ingin melakukan jurus SEO ini. Hanya sebagai contoh akan saya buatkan beberapa penggunaan tag yang sudah dipaksa normal dengan CSS.

1. Memaksa tag bold agar tampil normal

Tag Standar Tag Modif
Hasil Belajar SEO Belajar SEO
Kode Belajar SEO Belajar SEO

Perhatikan bahwa dengan penggunaan tag modif diatas maka mesin pencari tetap mengenali tag strong tapi manusia tidak akan melihatnya. Kalau anda tidak percaya efeknya silahkan saja anda copy kode diatas lalu anda posting di blog anda dan lihat hasilnya.

2. Memaksa tag em (miring) agar tampil normal

Tag Standar Tag Modif
Hasil Belajar SEO Belajar SEO
Kode Belajar SEO Belajar SEO

Nah diatas itulah dua contoh beserta kodenya, anda akan bisa membuat untuk lainnya jika anda banyak tahu CSS. Makanya ikuti tutorial CSS di ayomaju.com. Sebagai contoh lain bahkan bisa digunakan menyamarkan linkback yang dibuat seperti text biasa. Ini tidak bisa saya jelaskan karena tiap template memerlukan perintah berbeda tergantung CSS utamanya. Perhatikan text dibawah ini:

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi

Text diatas adalah anchor text, kalau tidak percaya klik saja, pasti akan membuka halaman baru. Nah bagaimana kalau ditulis pada tengah paragraf? apa anda akan menyangka itu linkback? mungkin iya kalau anda teliti. Tapi bagaimana dengan pengguna internet biasa yang jangankan tag anchor, lha apa itu blog aja gak tahu kadang-kadang.

Apa ada teknik lain lagi? tentu saja masih banyak tapi jika anda mau belajar dan berpikir akan lahir ide-ide baru dalam pikiran anda sebagaimana saya mampu melahirkan ide-ide selama ini. Makanya belajar ngeblog harus benar kawan. Selamat mencoba...

0 comments:

Posting Komentar