Minggu, 02 Agustus 2009

Sitelink - Dimiliki blog atau situs yang sudah dianggap penting oleh google

Gara-gara stop dreaming start action kok malah jadi bermimpi menjadi pemenang dan malah tidak start action membuat postingan bermanfaat. Semoga postingan kali ini lebih bermanfaat. Susah sekali mau membuat judul tentang sitelink dan maksud tulisan ini. Sitelink adalah link situs yang ditampilkan di SERP Google. Tidak semua situs dan blog memiliki sitelink ini, karena sitelink dibuat otomatis oleh Google. Blog anda sudah memeiliki sitelink? Wadah! maksudnya gimana?

Begini saja sekarang silahkan buka google. Kemudian ketikkan keywords dari situs terkenal dan sudah lama hidup diinternet. Misalnya ketikkan "kompas.com" atau "yahoo.com". Nah sekarang perhatikan hasil temuan dari query tersebut. Saya menggunakan keyword "speedy" dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

speedy

Yang dalam lingkaran itulah yang disebut sitelink. Sitelink muncul jika query yang diminta adalah keyword dengan nama atau URL domain sebuah blog atau situs. Atau hasil temuan yang ada pada suatu situs di halaman index (homepage) dan biasanya jika menempati urutan pertama di SERP.

Memangnya kenapa kalau ada sitelink-nya?, manfaat bagi blog apa? secara SEO apa keuntungannya? bagaimana caranya? kenapa blog saya tidak punya sitelink? bla..bla..bla..? dst... sampai 10.000 pertanyaan dan sampai NDOWEH nanyanya...

Banyak yang bisa dibahas dari masalah sitelink ini. Bagi yang belum memiliki sitelink tidak akan tahu kalau sitelink ini bisa kita tolak atau terima. Google yang memberikannya dan kita punya hak menolak salah satu atau salah semua, sayangnya kita tidak punya hak meminta Nah Lo...

Bagaimana bahasan detilnya? kalau ditulis dalam artikel ini saja bisa panjang sampai 10 kilometer artikelnya. Jadi akan saya tulis bertahap mulai apa manfaatnya? kenapa google memberikannya? apa hubungannya dengan setelan crawler google, bagaimana usaha yang harus kita lakukan jika ingin punya sitelink? Imbas apa terhadap SEO secara keseluruhan? dan banyak lagi mungkin kalau ide saya berkembang hehehehe..

Karena artikel ini hanya pengantar, saya sudahi dulu. Dan salut buat blogger Indoonesia yang sudah memiliki sitelink, sebenarnya semua juga akan punya cuma waktunya itu yang tidak sama, ada yang bertahun-tahun, ada yang cepat, bagaimana mempercepat? tanya saja pada rumput yang bergoyang wkwkwkwkwk.... InsyaAllah saya berikan tipsnya.

Beberapa blogger kawakan dan sudah terkenal sampai keseluruh dunia dibawah ini telah memiliki sitelink, sory yang tidak dicantumkan karena kalau semua dicantumkan bisa tidak muat blog ini.

1. Kang Rohman

kangrohman

2. Mas Anang

anangku

3. Pakde Sumintar

sumintar

4. Pencuri Kode

5. Cebong Ipiet

Jika blog kita masih baru biasanya belum memiliki sitelink seperti blog stop dreaming start action dibawah ini:

stop dreaming start action

Nah bagaimana dengan blog anda? caranya ketikkan saja URL blog anda di google, kalau tampilannya seperti ayomaju.com diatas, berarti belum memiliki sitelink.

Tunggu artikel sitelink beserta manfaat, tips mempercepat punya sitelink dll. Sampai jumpa...

0 comments:

Posting Komentar