Minggu, 02 Agustus 2009

Manfaat memiliki sitelink

sitelinkMelanjutkan artikel stop dreaming start action yang lalu, eh salah maksudnya artikel Sitelink, sekarang kita lanjutkan membahas manfaat memiliki sitelink. Manfaatnya secara kasat mata kurang terlihat, hanya saja biasanya yang dipasang sebagai link oleh Google adalah menu dari blog kita yang paling sering di klik oleh pengunjung blog. Google menganggap bahwa menu yang paling sering diklik itulah yang paling bermanfaat bagi pengunjung. Kita harus ingat bahwa berulangkali google berpesan bahwa optimasi situs atau blog harus diarahkan pada pengguna bukan untuk mesin pencari.

Tapi manfaat yang paling besar bukan itu, tapi adalah kekuatan blog secara umum di SERP Google. Karena blog sudah dianggap penting maka kemampuan bersaing di SERP juga ikut terangkat. Bedakan ini dengan optimasi SEO. Tanpa memberi backlink dan anchor dari keyword yang kita tembak telah memiliki kekuatan dasar yang kuat. Misalnya begini:

Blog A telah memiliki sitelink dan memposting berkaitan dengan keyword "Software Akuntansi". Setelah memposting ya sudah tidak melakukan apa-apa. Blog B masih blog baru dan tentu belum memiliki sitelink juga memposting keyword sama, maka misal hanya dua blog itu saja yang memposting berkaitan dengan keyword "Software Akuntansi" di internet, maka blog A akan ada di urutan 1 dan blog B no 2.

Ingat ini dalam kondisi optimasi 0:0, jika kemudian blog B mendapat backlink dari luar yang memiliki kualitas 3 (saya gunakan Pagerank sebagai parameter) Maka masih mungkin blog B ada diposisi 1. Tapi jika kemudian blog A mendapat linkback dengan kualitas sama maka kembali blog A diposisi 1.

Namun harus diingat bahwa algoritma pagerank sangat rumit dan variable perhitungan dari banyaknya keyword dan jumlah halaman global yang ada di Internet sudah milyaran jadi kadang hasil SERP berbeda dengan contoh diatas. Contoh diatas itu menggunakan asumsi ceteris paribus (faktor berpengaruh lain dihilangkan) .

Anda tidak bisa mengamati manfaat sitelink ini pada kontes SEO, karena optimasinya gila-gilaan. Anda bisa mengamati pada blog yang telah memiliki sitelink pasti pengunjungnya banyak dan rangking alexanya kurus. Ini karena banyak pengunjung yang dibawa mesin pencari.

Anda yang mengamati kontes-kontes SEO yang ada pasti pernah melihat bahwa blog ini pada awal-awal sering ada dihalaman muka, itu karena pengaruh telah memiliki sitelink ini dan optimasi. Tapi karena saya tidak banya blog untuk memberi backlink maka akhirnya tergeser juga dan mengalami ejakulasi dini, mau optimasi lagi amunisi sudah habis, sepertinya harus ikut-ikutan nyepam di blog dofollow hihihihihiii...

Sitelink ini bisa juga hilang, bagaimana itu bisa terjadi? bagaimana pula mempercepat blog memiliki sitelink? hubungannya dengan tindakan yang dianggap spaming sampai bisa sakit seperti blog ini apa? Hubungannya dengan internet marketing? hubungannya dengan jadwal kunjungan crawler google? WoW..! masih banyak pertanyaan dari masalah sitelink ini, rasanya capek mau bahas ini terus..

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar