Senin, 27 September 2010

Cara gampang menentukan Qiblat sholat

Oleh: KH.Khaeruddin Khasbullah

Akhir- akhir ini kita sering mendengar melalui beberapa media, bahwa banyak mesjid di Indonesia ternyata Qiblatnya melenceng jauh dari arah yang seharusnya. Dari Jakarta baru- baru ini dilaporkan juga bahwa banyak ketua DKM mesjid di DKI yang meminta agar mesjid mereka diperiksa kembali arah Qiblatnya karena khawatir setelah membaca beberapa informasi diatas. Ternyata memang benar, mesjid- mesjid itu banyak yang dibangun hanya mengarah KE BARAT, bukan ke Qiblat. Padahal kita tahu bahwa MENGHADAP QIBLAT (Ainan kaana atau jihatan) adalah merupakan salah satu SYARAT SAH sholat. Artinya sholat kita tidak memenuhi syarat bila ternyata menghadap kearah Qiblat yang salah dengan ngawur. Lebih menyedihkan lagi ternyata juga banyak jenazah kita yang dikuburkan asal menghadap kebarat, karena tukang gali kuburnya tidak tahu menentukan arah penggalian yang benar agar si mayat nanti dapat dikubur dalam keadaan menghadap Qiblat. Padahal dalam kitab- kitab fikih Jumhur Ulama’ menyatakan bahwa kaum muslimin yang meninggal dunia harus dikuburkan dengan menghadap ke arah Qiblat, bahkan mereka harus menggali kembali kuburan saudaranya yang telah wafat bila diyakini mayat saudaranya tersebut tidak menghadap Qiblat dengan benar, dengan catatan jazadnya belum rusak.

Oleh karena hal- hal tersebut diatas itu penulis merasa berkewajiban untuk menyampaikan suatu cara mudah menentukan arah Qiblat agar mudah dimengerti oleh mereka yang tidak memahami matematika atau trigonometri. Cara ini dilakukan dengan ber – asumsi bahwa bumi ini dianggap datar, bukan bola yang mengalami pemampatan dikedua kutub- kutubnya. Berlaku untuk kota/ daerah yang berada pada > 40 Bujur Timur – 220 Bujur Timur, seperti kota- kota di Indonesia.

Langkah- langkah pengerjaan:

1. Cari dulu Titik lintang dan Bujur kota anda dari daftar Lintang atau Bujur yang banyak tersedia. Bila Lintang suatu kota berada diutara Katulistiwa, bernilai PLUS, bila diselatan Katulistiwa bernilai MINUS.

Diketahui dari daftar:

1

2. Ambil kertas MILIMETER BLOK (Kertas bergaris- kotak- kotak kecil) seperti contoh dibawah:

3. Buat GARIS MENDATAR E (East/ Timur) èW (West/ Barat) ditengah- tengah kertas. Lihat gambar:

4. Buat TITIK MEKAH di ATAS GARIS KATULISTIWA sebanyak 21.41 kotaK, sesuai letak Lintang MEKAH. Tandai dengan huruf M.

5. Tentukan selisih Bujur Mekah – Pekalongan = 69˚.52′ = 69.86. Buat tiktik 69.86 ke samping KANAN (ke TIMUR) dari titik Bujur Kota MEKAH. Itulah letak bujur kota Pekalongan yang letaknya 69.52 derajat ditimur Mekah.

6. Buatlah titik Pekalongan, di BAWAH GARIS Katulistiwa (karena lintang selatan), sebanyak 6.88 kotak. Tandai dengan huruf P

7. Tariklah garis dari titik P ke titik M. Itulah garis sudut Qiblat Pekalongan ke Mekah

2

Cara pakai:

1. Letakkan kertas tersebut dilantai yang datar.

2. Letakkan Kompas diatas kertas. Putar- putar kompas agar jarum menunjuk utara selatan benar.

3. Geser- geser kertas agar garis tegaknya SEGARIS dengan arah utara selatan Kompas. Hati- hati Kompasnya juga ikut tergeser.

4. Arah Qiblat sholat rumah anda adalah sesuai garis sudut P=→ M

Penjelasan hitungan

Lihat gambar:

33

Gambar sederhana tersebut walau tidak sangat teliti, sudah dapat diamalkan untuk menentukan arah Qiblat kita. Bila di banding dengan Qibla Locator(di internet), koreksi +/- 2 derajat.

Sehingga SUDUT QIBLAT di Pekalongan kira- kira seperti ini, yakni 90°/ 4 = 22°.30′

4

Sesuai Piwulang Syekh H.Ahmad Rifa’I – 150 tahun yang lalu:

” YOIKU ANTARANE BARAT TEPAT LAN BARAT LAUT, TENGAH BENER”

“Yaitu antara arah barat tepat dan barat laut, tepat setengahnya”

SELAMAT MENCOBA !!!

0 comments:

Posting Komentar